Brois … Semakin maraknya aksi begal motor belakangan ini, menuntut kita untuk semakin waspada dimanapun dan kapanpun , mengingat begal motor terjadi bukan hanya dimalam hari namun juga siang hari . Berikut dibawah ini ada beberapa tips dari rangiroo untuk menghindari atau paling tidak mengurangi tingkat resiko begal motor .

1.BERDOA SEBELUM BEPERGIAN

Berdoa adalah hal yang paling penting , memohonlah perlindungan kepada Allah Swt agar kita dihindarkan dari segala mara bahaya.

2.USAHAKAN JANGAN BERKENDARA SENDIRIAN DI MALAM HARI 

Hindari berkendara pada malam hari sekitar pukul 22.00-05.00, jika memang harus melakukan perjalanan, ajaklah teman ( kalau ada yang bisa beladiri lebih bagus)

3.RENCANAKAN DAHULU RUTE PERJALANAN YANG AKAN DILALUI DAN INFORMASIKAN KE KELUARGA/TEMAN

Jika memang harus berkendara dimalam hari , informasikan rute perjalanan brois semua kepada keluarga dirumah , agar keluarga dirumah tau brois semua lewat jalan mana .

4.JIKA MEMANG MEMUNGKINKAN , BAWALAH ALAT PERLINDUNGAN DIRI

Disini ane tidak menyarankan memakai senjata api/ senjata tajam brois , melainkan seperti alat pukul ,semisal pentungan , kunci inggris dll . Memang dibutuhkan nyali besar untuk menghadapi rampok,begal dll namun dalam kondisi terdesak , kita memang diharuskan untuk berani mengambil keputusan brois , antara lari atau menghadapi . Dan jika memang brois memutuskan untuk menghadapi, pukulah para begal sialan tersebut dibagian vital mereka , seperti kepala, sodok bagian leher, sodok mata , pukul kemaluan dll . dan disaat mereka kesakitan ,gunakan kesempatan itu untuk lari minta pertolongan.

5.JIKA MELEWATI TEMPAT SEPI, USAHAKAN KECEPATAN BERKENDARA AGAK DITAMBAH

Jika sedang melewati tempat sepi yang sekiranya rawan kejahatan , tambah laju kendaraan kamu brois , agar segera sampai tujuan atau paling tidak segera sampai dilokasi yang ramai .

6.LENGKAPI KENDARAAN ANDA DENGAN KUNCI OTOMATIS

Kunci Otomatis bekerja apabila kontak motor dimatikan dan dihidupkan kembali , motor tak akan bisa distarter, jadi jika suatu saat dijalan brois dibegal dan takut untuk melawan, serahkan saja motor ente ( dengan mematikan kontak motor sebelumnya) , dan larilah minta bantuan warga sekitar , insyaAllah jika ente cari bantuannya gak lama , motor ente masih berada diposisi semula karena begal tadi tidak bisa menghidupkan motor dengan waktu singkat.

8.JIKA ADA RUTE LAIN, CARILAH RUTE YANG SEKIRANYA SELALU RAMAI

Jika memang ada opsi rute lain yang lebih ramai , tak ada salahnya dipilih meskipun sedikit lebih jauh , namun keamanan terjamin.

9.JIKA BERKENDARA DIMALAM HARI JANGAN NAIK MOTOR BAGUS-BAGUS, BIASA AJA 

Motor ente jangan motor bagus-bagus biar gak diincar para begal 😀

Semoga berguna …….k